cara setting dan program receiver parabola


Cara setting (program) untuk tambah transpoder, cari transponder (tambah frekwensi) tambah satelit, edit satelit, Daftar Satelit setting 2 in 1 lnbf utk satelit Palapa D dan Telkom 1, ganti nama  satelit dan blind scan atau cari otomatis untuk DVB Digital Satelit Receiver ;

Receiver Matrix Lemon, Matrix Apple, Matrix Super II, Matrix Java II, Matrix Turbo II, Matrix Spider II, Matrix Banana, Matrix Yori, Matrix Yoko dan  Receiver Matrix – Matrix seri lainnya yang menu nya serupa dengan gambar di posting ini.

Receiver Venus Yaris, Venus Cabe Rawit, Venus Cabe Rawit Ijo, Venus Terios,  Venus Millenium II, Venus Estilo, Venus Bravo, Venus Meteor, Venus Livina, Venus Cromus dan Receiver Venus – Venus seri lainnya yang menu nya serupa dengan gambar di posting ini.

Receiver Hansen kd 1, Hansen kd 2, Hansen kd 3

Rceiver QQ, Receiver Goldsat, Receiver Digitsat, Receiver Gadmei, Receiver i-TV, Receiver MULTIFACE MF-R7600,Receiver LGX LX18, Receiver Tennox dan berbagai Receiver Digital merek lainnya tapi dengan menu serupa.

Berikut urutan-urutan cara program (setting) tambah transpoder, cari transponder (tambah frekwensi), tambah satelit, edit satelit,setting 2 in 1 lnbf, ganti nama  satelit dan blind scan atau cari otomatis untuk receiver digital parabola (Klik Gambar untuk Memperbesar)

1. Cara tambah progam atau tambah saluran atau tambah siaran di receiver parabola

1 tekan menu di remote receiver parabola

tekan “Menu” di remote akan muncul tampilan berikut pilih “Buat Saluran” lalu tekan ok

2 Cara isi freq, SR, Polarity pada receiver parabola

pilih “satelit’ (nama sat) lalu geser cursor bawah sampai ke “Tambah TP” tekan “OK” silahkan di isi freq, symbol rate dan polaritas nya sampai signal kualitas muncul.

3 tekan cursor ke cari lalu tekan ok pada remote receiver parabola

geser cursor ke  “cari” lalu silahkan di pilih mode pencarian nya misal nya “semua” itu semua siaran yang ada di transponder tsb semua di cari, sedangkan kalau kita pilih mode “bebas” itu hanya siaran yg bebas acak aja yg di cari. Tunggu sampai selesai search trs tekan “exit” di remote dan chanel baru dah siap dinikmati.

2. Cara Tambah Satelit di receiver parabola

4 tambah satelit tekan menu terus tekan cursor kanan di remoteTekan “menu” trs tekan kursor “kanan” di remote akan muncul tampilan seperti gambar diatas pilih “Tambah Satelit” trs tekan “ok” di remote akan muncul menu seperti gambar di bawah ini.

5 tekan ok keluar keybord isi nama satelit terus oktekan “OK” atau angka”1″ akan muncul keybord untuk merubah nama satelit sesuai keinginan anda trs tekan “menu” utk simpan.

3. Edit Satelit ( nama sat, setting diseq, setting 22 khz, setting lnb, setting 2 in 1 lnb)

6 Cara edit satelit untuk receiver digital parabolaTekan “menu” trs tekan kursor “kanan” di remote akan muncul tampilan seperti gambar diatas pilih “Edit Satelit” trs tekan “ok” di remote akan muncul menu seperti gambar di bawah ini.

7 cara edit parameter satelit palapasilahkan di edit yg mau anda edit. ini contoh edit utk sat Palapa D utk 2 in 1 lnb dengan pemasangan standar utk 2 lnb Palapa D dan Telkom 1. Kalau anda mau ganti nama satelit nya tekan angka 1 di remote, maka akan keluar keyboard nya.

8 cara edit parameter satelit telkom 1contoh edit satelit untuk Telkom 1 dengan 2 in1 lnbf yang menggunakan 2 lnbf untuk sat Palapa D dan Telkom 1. tekan “menu” di remote utk simpan sekaligus keluar dari menu ini.

4. Mencari Otomatis (Blind Scan) sebelum nya anda harus pastikan posisi parabola harus pas di satelit yang mau anda blind scan (mencari otomatis) dengan cara seperti pada point 1 yaitu harus dapat signal salah satu transponder di sat yg mau di blind scan.

9 cara mencari otomatis (blind scan) untuk receiver parabolaTekan “menu” trs tekan kursor “kanan” di remote akan muncul tampilan seperti gambar diatas pilih “Mencari Otomatis” trs tekan “ok” di remote akan muncul menu seperti gambar di bawah ini.

10 cara pilih nama satelit yang mau di cari otomatispilih nama “satelit” trs pilih mode “Cari” kalau “Semua” artinya siaran yg ‘diacak’ dan ‘tidak diacak’ tersimpan semua, kalau “Bebas” artinya hanya menyimpan siaran yg ‘tidak diacak’ saja.

11 cara cari otomatis sedang search / mencari channelTunggu selesai blind scan dam tekan “ok” lalu tekan “exit” di remote dah selesai dan semua freq masuk tanpa perlu kita tau freq nya. Mencari otomatis (blind scan) memang sangat praktis.

Cara Menghapus Transponder dan channel receiver parabolaKalau sewaktu anda blind scan atau sewaktu anda tambah channel muncul “MEMORY PENUH” atau “TIDAK CUKUP MEMORY” atau “MEMORY 100%” atau sejenis nya, solusi nya tekan “Menu” trs kursor bawah trs pilih “BUAT SALURAN” trs pilih “TP” trs pilih “HAPUS TP” yg tdk terpakai utk di hapus sebanyak mungkin, jg satelit yg lain yg tp nya tdk terpakai, atau bisa juga dengan Reset ke “PARAMETER PABRIK” atau “FACTORY DEFAULT” (tetapi dengan resiko semua channel yg sudah tersimpan sebelum nya akan hilang dan anda mesti scan ulang semua satelitnya) supaya memory rec nya kembali ada ruang.

Kode Pasword receiver parabola 0000Kalau sesudah anda scan rec dengan mode pencarian “SEMUA” maka di sebagian sat ada yg transpoder punya PAY TV yg anda terima dengan tanda $  dengan tulisan PROGRAM RAHASIA atau PROGRAM DIBATASI atau DI ACAK dan sejenis nya, attau bisa jg di acak dengan kode BISS KEY berikut  Cara Isi Biss Key untuk rec Mpeg 2, nah ini saya upload contoh nya, soal nya banyak yg tanya ini padahal ini rec sudah di beri label sama pabrik nya FTA (free to air) malah nanya gimana mau buka $ nya ?? jawab nya tentu tdk bisa, sesuai dengan tanda $ nya, maka cara buka nya mesti pakai $ jg, contoh nya klik disini. Selanjut utk HAPUS, PINDAH. FAV, UBAH, DLL sebagian rec meminta “SANDI INPUT” sandi input default nya adalah “0000” semoga pertanyaan-pertanyaan senada tdk ada lagi, ini menjaga supaya yg baca tdk bosan sama pertanyaan2 ini trs.

Kalau masih punya buku manual atau buku petunjuk pemakaian mungkin lebih gampang lagi dan perhatikan perintah di layar tv anda.

Silahkan di lengkapi utk receiver2 atau hal2 lainnya yg belum termuat di sini supaya bermanfaat bagi anda dan temen2 lain nya.
Salam.
Artikel terkait ;

 BISS KEY (FORUM DISKUSI)
 Update freq PALAPA D 
 Update freq TELKOM 1 
 NSS 6 dengan dish astro – IPM
 frek baru Global TV di Satelit Palapa D
 satelit yamal 202
♦ Cara isi Biss Key Receiver Mpeg 2
 ku band thaicom 2/5
 Update Freq Sat NSS 6 / SES 8 – IPM
♣ Cara Isi BISS KEY VENUS JUKE, VENUS INOVA, VENUS TUCSON

Artikel Terbaru :
About these ads

698 gagasan untuk “cara setting dan program receiver parabola

  1. Salam,
    terima kasih infonya
    sekalian tanya saya punya Yes TV – bisakah YES TV menangkap siaran lainnya selain yang berbayar ? Karena kadang saya kesulitan membeli vouchernya. Jadi parabolanya di set seperti parabola yg bisa menangkap telkomsat atau palapa

    Terima kasih

  2. klo trjdi full memory untk mngisi chanel,silahkn anda coba hpus dlu semua chanel,kmudian bru di scan otomatis,tp ingt mencari hrus dlm posisi bebas (free) spya tdk mnmukan chanel scramble

  3. mlem gan’ mo ngrepotin ne saya pake venus pake vb_323 bisa gak yatangkap siaran yang diacak lokasi yogyakarta, tenks ya gan’ ditunggu jwb_nya’

  4. salam.
    mas,parabola saya matrix.
    di receivernya, ke limit, gag bisa geser frekuensi,dan terkadang kalo ganti channel yg beda satelit,suka bergeser frekuensinya.
    cara buka akses limitnya gimana ya mas ?
    maksudnya, di positionernya mas.
    tipe positionernya P002 – Positioner V – Box II

    • tekan reset di remote, tapi semua memory nya ilang, cara simpan memory baru geser posisioner ke sat yg di tuju kalau sudah lock trs tekan “store” trs takan “nomor” trs tekan “enter”
      kalau posisi nya tdk pas waktu kita balikin, itu coba periksa apakah baut dan mor yg di parabola sudah kecang.

      Salam.

  5. salam sejahtera.
    mas, saya pake reciever goldsat.
    saya mau nanya kalau saya mau ganti satelite pake remote itu tulisannya selalu lock di recievernya, jadi tidak bisa di ganti satelite nya. tapi jika langsung mindahin dari recievernya bisa mas. itu solulisanya gimana ya mas?
    trimakasih

  6. mas, parabola saya satelit telkom dan palapanya gak ada, hilang. kalo mau nyari/ buat lagi gimana mas?. hapir sebulan parabola saya tidak dipakai. tolong mas

    • coba periksa konector yg di lnb mungkin sudah berkarat karena kena hujan, kalau konector nya ok, coba stell parabola nya sedikit, bisa dorong atau tarik kiri kanan atas bawah, sampai ketemu signal nya…

      Salam.

  7. mas tolong banget ya.. kemaren cannel sempat kehapus semua sama ade saya..
    setelah saya betulkan, siaran trans tv, tv7 dan antv ga bisa muncul berbarengan dengan channel yg lain,,
    harus saya ganti port’y dulu baru bisa, begitupun sebaliknya malah yg laennya ga bisa..
    ribet kalo msti gnti2 port..
    gmn solusi buat gabungin keduanya,, saya lupa caranya.. makasiih gan.. di tunggu blsnnya

  8. maaf mas ,,saya mau tanya.saat ini saya memakai parabola tidak gerak 8feet paragon jaring 4 lnb matrix.lnb1 palapa,lnb 2 telkom,lnb 3 asiasat 3,lnb 4 asiasat 5.kalo lnb no 4 kan asiasat 5 dirubah jadi chinasat 6b atau satelit yang lain bisa ga mas melalui remote reciver?tanpa manjat antena.terimah kasih..salam dari jogja

  9. mas. saya mw tanya..
    saya ada dua payung…lnb dual pala dan telkom. trus yang satunya patah ketimpa batang pohon..
    petanyaan saya bisa tidak satu payung digbung kan jadi 4 lnb (telkom 2, palapa 2) karena kami punya dua receiver.trim jabawannya

  10. Bro,
    kemaren ini yg penggerak parabola ny kabel kurang kenceng. jd pas pindah gerakin prabola dy ada muncul er2. trus ud dikenecengin kabel ny, malah siaranny ilang gk ada sinyal semua.

    Nama2 siaranny masih ad, tp rata2 ilang semua….

    kemaren tuh mw pindahin dari satelit ASIA 3 ke Palapa D. eh, malah siarang di palapa D jd ngaco ke siarang ASIA 3, siaran di satelit laen no sinyal semua…

    knp y…..

  11. Mas saya mu tanya..saya memakai receiver venus cromus..kenapa kok channel RCTI indikasinya sinyal lemah trs ya??pdhl stasiun tv lain bersih2..trs TVONE juga g ada…Mu ak hapus semua channel n ak setting ulang, tp mlh dipassword..gmn mas cara reset passwordnya???…

  12. Salam kenal,
    saya mau nanya kalau menggunakan parabola gerak satelit-satelit apa saja yang bisa ditangkap di Indonesia?
    Dan kalau bisa dibuatkan tutorial untuk memasang parabola gerak otomatis.
    Thanks

  13. sAYA MAU TANYA KENAPA PARABOLA KAMI TIDAK DAPAT SIARAN tRANS tV,TRANS 7,ANTV,RCTI,SCTV??PADAHAL DIGITALNYA SUDAH DI GANTI DENGAN YANG BARU DAN LNBNYA JUGA SUDAH DI GANTI?

  14. salam kenal
    sy dari rumah sakit otorita batam, mohon pencerahan nya parabola kami ada 3 unit merk Venus mo nanya klo mo nyari frekeunsi smua station web nya dimna mas, soal nya siaranya suka ilang ilang terutama rcti, sctv, tv one. apa hrs seting parabola nya aja ato setting frekeuansi nya di dekoder nya. tq ms sebelum nya atas pencerahan nya

  15. Saya menggunakan 2 lnb dgn receiver venus cromus. Setting sudah saya sesuaikan dengan petunjuk diatas. Setelah melakukan pencarian otomatis di palapa D, seluruh siaran di Telkom 1 malah hllang. Begitupun sebaliknya, kalau setelah melakukan pencarian otomatis di Telkom 1, siaran yang di Palapa D gantian hilang. Kenapa begitu ya? Mohon pencerahan?

    • cara munculkan semua channel.
      Tekan “OK” di remote di layar akan muncul nama2 list daftar channel terus anda tekan angka “6″ di remote, nah perhatikan posisi kursor nya sekarang berpindah ke atas di posisi nama satelit seterusnya tekan “panah kiri” di remote sampai keluar tulisan “Semua Sat” trs tekan “OK” di remote, pasti palapa dan telkom sudah tergabung.
      selamat mencoba.

      Salam.

  16. bos gimana cara ngilangin sandi input pada receiver venus estilo soalnya aq mau rubah parameter pasti yang keluar sandi input

  17. beberapa siaran TV seperti TVone, SCTV, AnTV, trans7, dan yang lainnya hilang. bagiman cara menemukan atau mengeset kembali siaran TV tersebut agar saya memberoleh siaran tersebut kembali. Parabola yang saya gunakan merek Venus. terima ka

  18. Saya mencoba tracking dish bekas astro utk menangkap siaran NSS 6 dgn menempatkan dish diatas atap rmh(seng),apakah ada pengaruh pada penerimaan sinyal satelit? trims

  19. Nama saya zaky dari Pulau Lombok..
    Saya Tidak Bisa menonton Siaran Liga Inggris karena diacak.
    Bagaimana caranya agar saya bisa menonton siaran tersebut??
    Saya Pakai Matrix Apple dua LNB.
    Terimakasih

  20. Salam Protech..

    Saya punya masalah pada Receiver Matrix JAVA,
    semua siaran hilang, stlh saya lht di info signal, MUTU dan KUALITAS signal naik turun tidak normal, lalu saya coba melepas konektor ke parabola/LNB tapi reaksinya msh sprti itu, harusnya kan saat saya lepas LNB signalnya hilang….,
    Mohon pencerahan dan solusinya ya Mas… thx

  21. Tolong mas,…… saya punya masalah Pada Parabola Matrix CDVB3288A password yang saya buat lupa .sehingga untuk membuka menu utama minta password tersebut. gimana ya caranya supaya menu utamanya terbuka,…tq

  22. bung saya punya recaiver hansen kd3 kalau di hidup kan normal gambar aplikasinya,jika dilihat parameternya insentisita 99%dan kwalitas 0 atau 1% no signal, walaupun parabolanya di ubah kemiringanya ,apa ada masalah recaivernya,jika ada masalah apa penyebap nya mohon petunjuk,terima kasih

  23. saya punya Receiver Goldsat Basket,,,,,tiap mw memindah saluran, menghapus saluran selalu ada perintah input sandi,,,,,,boleh tw gak brapa sandinya

  24. Halo mas, saya baru masang parabola pada 1 des 2011 kemarin. Channel2nya uda disettingin ama tukangnya. Tapi sayang channel2 thailand ga dimasukin. Pdhl klo kucek di daftar satelit, ada kok Thaicom 2/5.
    Lupa juga minta disettingin kemarin.
    Jadi stlh membaca artikel diatas, apakah bisa hanya dengan mengikuti langkah2 diatas tanpa harus memanjat keatap rumah, setelin posisi parabolanya?

  25. slamat malam gan,,

    saya tinggal d’batam bru beli parabola matrix dpat hingga 517 chanel tpi slain siaran indonesia.siaran2nya lainnya banyak yg ga bagus sperti thailand,tamil india gtu.kendalanya,,,
    siaran2 eropa cuma 3 saja gan,,
    gmana caranya saya tambah siaran eropa,mohon solusinya gan.tq

  26. mas.. q mau tanya ni.. gmna cara ny nyatuin siaran dari sat. palapa & sat. telkom.. soalny punya saya hanya dr siaran telkom aja yg nampak.. padahal udah pake LNB 2 in 1

  27. Tanya antara receiver venus n hansen bagus mana??trs Venus Millenium II m Venus Estilo,hansen kd 1 hansen kd 2,hansen kd 3 bagus mana

  28. saya punya receiver parabola DV3 mereknya venus VD208CA,
    siaranya semuanya tdk dpt liat lagi,di on/off berulang pun pakai remove juga tdk dpt berfungsi, cuma lampu on air yg ada nyala,
    dengar teman mau di upgrade dgn software downloading & data transfer
    1. dgn cara apa?
    2. pakai alat apa?
    terima kasih sebelum nya.

  29. Agan’2 smua…
    Mau nnya ni..??
    Saia kn cba cri chenel lwt pncarian otmtis, tp koq mlh ilang smua chenel yg lainnya.
    Gmn ya cara bnrin lgi nya..?

    Mhon bntuan nya..!!

    • coba ke tanya ke pabrik nya aja yah..
      PT STELLA SATINDO
      Jl. Daan Mogot Raya Km. 12,8
      Komp. Daan Mogot Prima blok A1 No.10
      Jakarta 11740
      Telp : 021 – 5437 3829
      Fax : 021 – 5437 3833

  30. Aku Punya Receiver TANAKA DVBS2 FORMAT X HD SERTA MPEG4 Dan MPEG2 SERTA SUPORT TV STREAMIG N BISA PAKEK SIM CARD GSM ATAU CDMA UNTUK BISA TERHUBUG KE KONEKSI INTERNET TAPI MASALAHNYA SAYA GAK BISA NYETING MOHON PETUNJUKNYA TRIMAKASIH

    • waduh canggih banget, yg mahal2 aja g sampai begini hebat nya, bisa langsung pakai kartu gsm/cdma, saya lom pernah dengar produk tanaka ini..hehehe
      kalau ada buku petunjuk coba deh di buka2.
      atau kalau ada pengunjung blok yg bisa bantu please….

      salam

  31. gara2 xri2 chanel tV,jdNy smua chanel yg trSmpn t hps.mauNy sic,chanel palapa d sma telkom 1 bs d lht dlm 1 plhAn.tp gk bs,hr5 pisah,gmN yah craNy agr bs jd 1 aja,trgin doNk ka,pnjlsn d ats,q krg fhm

  32. dimana kita mendaptkan soufware untuk matrix mango,karena dilokasiku masih menggunak listrik dari genset/generator,kadang setrum mati mendadak,jadi receiver eror,tinggal lampu signal yang nyalam merah,sementara lampu angkanya gak muncul.tolong solusinya bos…

    • coba tanya langsung ke pabrik nya bro, ini alamat nya
      PT STELLA SATINDO
      Jl. Daan Mogot Raya Km. 12,8
      Komp. Daan Mogot Prima blok A1 No.10
      Jakarta 11740
      Telp : 021 – 5437 3829
      Fax : 021 – 5437 3833

  33. channel TV saya sering terdengar kayak suara bergetar apalagi yang ada tulisannya kayak film2 barat di trans tv atau global tv, kenapa seperti itu?

  34. Aku punya rx matrix apple III bisa diupgrade os-nya gak?? biar bisa buat input keys… trus cara upgradenya gimana, kl ada yg tahu tolong bantu dong.. thanks

Silahkan Komentar yang baik dan sopan, Komentar tidak sopan akan kami hapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s