lnbf c band+ku band jadi lnb combo


LNBF c band dan ku band bisa kita modifikasi jadi lnbf combo yang merupakan lnbf satu titik fokus, jadi utk 1 satelit yang punya 2 band sistem pemancar nya, sehingga kita tidak perlu utk memasang lnb ku band atau lnb c band terpisah atau offset, jadi lnbf combo ini bisa langsung di pasang di prime fokus langsung bisa menangkap ku band dan c band pada 1 satelit.

Adapun lnb yang saya gunakan untuk modifikasi ini terdiri dari lnbf c band merek yuri bekas dan lnbf ku band merek telesistem bekas astro/aora tv.

Cara modifikasi lnbf c band dan ku band :

Siapakan peralatan kerja yang di perlukan, antara lain bor dengan mata yg agak kecil, terus balpoin, kikir, lem besi. Pertama kita buka tutup lnbf ku band bekas astro terus kita letak kan di atas pas di bagian tengah lnbf c band yuri terus kita garis lingkaran piring lnb ku band, seterus nya mulai kita bor satu persatu sehingga lobang berbentuk lingkaran ( tapi ingat bor lah di bagian dalam lingkaran kira2 2 mm agak ke tengah, ini utk menghindari lobang nya bisa lebih besar dari piring lnb ku band ), setelah itu lepas bagian tengah nya utk kita haluskan bagian pinggir nya supaya bisa masuk piring lnbf ku band. Berikut nya posisi c band dan ku band utk polaritas nya haurs pas, yaitu kita haru memasang nya pada posisi besi yang melintang di dalam lnbf harus dalam posisi yang sama, selanjut nya baru kita pakai lem besi utk memperkuat sekaligus supaya tdk masuk air hujan.

Berikut saya upload gambar – gambar cara memodifikasi lnb c band dan ku band menjadi lnb combo :

LNb di hubungkan ke diseqc switchUntuk menggabungkan LNB C Band dan LNB KU Band gunakan Diseqc Switch

Demikian sekilas cara modifikasi lnbf c band dan lnbf ku band untuk di jadikan lnbf combo. Mudah – mudahan bermanfaat.

artikel terkait :

Hasil test lnbf combo ini memakai parabola paragon 8 feet silahkan klik disini.

hasil test lnb combo ku band dengan dish astro.

posting by Protech Parabola Banda Aceh

14 january 2010
Salam

277 thoughts on “lnbf c band+ku band jadi lnb combo

  1. Maaf ne pak Heru baru bisa balas, saya ada lnb combo 2 buah, 1 sdah saya pakai. Jadi kalau pak heru berminat okelah kita tukaran

    • kalau posisinya berdampingan satelitnya bisa beda?
      tergantung jarak lnb yg anda pasang/ tdk 1 titik fokus.

      apakah bisa menangkap cband ku band satelit yg sama?
      kalau combo yg di posting in sangat bisa, dengan syarak beam c band dan ku band masuk ke wilayah anda.

      salam

  2. mhon petunjuk.. bagaimana cara pemesangan kabel dri lnb c band & ku band ke rec.. apakah hrus pake multi konektor.. & kl pake lnb c band yg colokan kabelnya ada 2 bsa gak..

  3. M’f boss2 yg ad d forum,ni sy pndang baru&posisi di Riau/kuansing/taluk,mw tnya kali aj ad bs ksih pencerahny.sya ad bkas parabola astro(lnb ku bnd-payung)tp tdk sm recevrny,dan ud sya modif jd combo pake recevr merk venus EVDO,tp gk bs juga intenstas turun naik pake 9750/10600,tp pke 5150 bru tenang,jd bgmn solusiny..? Slain tu sya pndahkn keparabola 10 feed,tp hsilny sma jga tetap naik turun intensitasny,tlong ya boss2 yg tau,kr sy ud 2 mggu oprek2 tp blm ad pnampakan jga..!klo ad bsa tlong mscll nmr sya:0821722252151.nti akan sya hubg lgsug. Thx’s sblmy dr sya plus slam knal..@Dedy desta

  4. udah tak coba modif pake lnb c unisat +lnb eks astro ,dish 6feet mesh,receiver matrix hde tp yg nyangkut cuma astro nus measat ,dan nss 6 .knp palapa gag ada yg nyangkut?

  5. bg prosat,kalau c band yg di pakai c band twin apakah bisa di gabung dgn ku band.mksdnya biar gak usah pakai switch lg.trims.

    • bisa seh, tapi nanti ada yg tdk bekerja, krn KU band utk perpindahan freq lokal lnb antara hight dan low menggunakan 22khz switch yg sudah tertanam di lnb KU band, sebaik nya gunakan lnb c band biasa, tinggal beli disecq switch 4×1 murah kok paling 30rb-an

  6. mf mo tanya nih,,
    jika pke lnb combo,apakah cukup dengan 1 lnb bisa menangkap sinyal seluruh stelit ?bagaimana jika dpasang 2 buah lnb combo,lebih baguskah itu?
    mohon jawaban

  7. bos,apa kabel keluarannya cuma dipasang di lnb ku-band aja,truz tempat cololkan kabel yg lnbf c-band apa dibiarkan kosong aja ? kalo lnb c-band yg rusak apa bisa utk memodifikasi lnb combo tsb ? mohon pencerahannya ?

  8. Maaf pak rencananya mau gabungkan C+KU Band tetapi menggunakan LNB KU Merk Fuji, mohon dijelaskan pak caranya. Trima kasih

  9. setelah di gabung seperti itu masbro…terus konektor mana yang kita sambungkan ke receiver apakah yang dari c-band ato dari ku band ato kita gabung dulu dari cband dan ku band baru ke RX…!!!tolong dong penjelasannya…

    • itu kan sudah ada gambar nya pak, tinggal di masukin aja, yg C Band ke port 1, trs yg KU Band ke port 2, trs yg tulisan port receiver di masukin ke rec, selanjut nya edit sat di rec, utk c band pakai diseqc 1, dan utk ku banad pakai disecq 2,

      salam

  10. klu pke lnb combo truz parabola jaring 9feet pke recx skynindo atu technosat2700 bs g mz…..tlg d bnt mksh

    • ya bisa menerima signal C Band di sat Thaicom 5 asal arah parabola ke sat thaicom 5, dan jg bisa menerima signal KU Band nya dengan catatan beam (panacaran) satelit nya masuk ke wilayah anda

  11. bang protech,ane mo nanya..
    gmn caranya menggabungkan satelit palapa sama chinasat 6a..??
    kira” bisa gk iiah ..??!! ane tggu loch infoya..!!

  12. buat para agan2 yg cakep2 n buat om protech..
    ane mo nanya neh..,parabola ane kok,satelit palapa sm telkom jd misah gitu iiah .. ??
    bnyak yg bilang seh tuh parabola udh rusak,krna udh gk bsa gabung ..
    emang bener iia?? apa msh bsa di benerin ??
    tolong dong bang kasih tau ..
    pusing neh ane masa stiap mo ganti channel harus muter parabolanya dulu…!!

    • Sekedar masukan az bro menurut pengalaman, kalau lnbf C-band atur posisi lnbf tegak lurus ke atas dan angka 0 yang ada diatas lnbf harus sejajar dengan lnbf satunya yaitu arah timur-barat. Kalau tidak ada angka pada lnb konektornya hadapkan ke utara. Silahkan diperiksa lnbfnya mf kalu masukannya salah masih belajar jg bro semoga membantu.

  13. Saya JACK dari wakatobi SULAWESI TENGGARA ; min @ apakah lnbf cband merk YURI utk 0 derajat mengahadap utara slatan. saya ingin modif lnbf c + lnb KU, tapi spt yg di sarankan bahwa harus searah besi yang didalam? sdkn klu saya searahkan maka arah konektor akan mengarah timur, karna lnbf C arah o derajatnya mengarah ke timur barat, juga klu lnb c utk 0 derajat timur barat dn lnb KU harus utara arah konektor maka tampak spt palang { + ) salib untk besi didalam alias konektor ku akan ke timur. mhn pencerahannya,

  14. aloo. bang mau tanya kalo dish oke vision mau di modifikasi ke c band untuk menangkap siaran palapa bisa gak ya ? mohon pencerahan na… thankz

  15. ada nggak reciever buat nangkap chanel sky sport buat nonto wwe ?
    untuk di banjarmasin bisa nggak nangkep chanel astro malaysia…
    thanks….

  16. kalo pake lnb combo dan parabola pake rotator, gmn penagturan di rec-nya apa tetep pake disec 1 dan disec 2? Mohon pencerahannya. Thanks..

  17. salm kenal bang Admin, sy sdh praktekkan cara gabung lnb c dg lnb Ku merk Matrix dg payung 10 feet jaring, tes pertama dapat sinyal Ku nya 72%, tapi kok gak bisa terkunci bang, pas dimatikan resivernya dan dihidupkan lagi gak ada sinyal lagi begitu juga dg sinyal satelit measat3anya,resiver yang saya pakai Matrix Prolink hdPvr posisi saya di bangkinag riau tolong kasih pencerahan nya bang, semoga protec parabola jaya selalu

      • ASS…salam kenal om protech,..sy mw nanya ne…hrg LNB KU-BAND smp brpaan y…trus kalau pakai lnb bekas AORA TV ma ORANGE TV bs gak di pakai wat mnrm siaran dari satelit NSS 6…trmksh

      • Bung Alwis, tolong pengaturan lnbnya dishare ya. Sy jg pake matrix prolink hd pvr, dan tiap kali receiverx sy matikan, signal dari satelit palapa hilang. Padahal sebelum dimatikan receiverx, signalx mencapai 70-80%. Trims…

    • Bung protech, 2 minggu lalu saya ganti receiver lama dgn receiver matrix prolink hd pvr, pake 2 in 1 lnbf matrix. Masalah yg sy alami sama dengan yg dialami mas alwi di atas. Kebetulan jenis receiver yg kami pakai sama (matrix prolink hp pvr). Setiap kali receiverx dimatikan, pas dihidupkan kembali signal dari satelit palapa hilang. Padahal sebelumnya signalx mencapai 70-80%. Jadi harus scan ulang utk dapat kembali signalx. Apa memang receiverx yg kelainan atau sy yg salah setting? Mohon pencerahanx, lokasi sy di Buton Sulawesi Tenggara. Trims…

  18. Slm knl mas bro,, saya pemula dlm memasang parabola. Saya mau tanya knpa setiap saya memasang parabola matrix dgn ukuran disc 6v dgn 2lnb sllu bermasalah. Siaran dri satelit palapaD bagus. Sdngkan drì satelit telkom1 tdk muncul, di setingan recifernya sdh saya atur seperti saran sblmx. Di lnb 0 derajatnya tlh saya atur berhadapan.. N saya jga bingung kalau satelit palapa 0 derajatnya menghadap timur atw barat. Mohon penjelasannya. Sblmnya trimah kasih.

  19. mau nanyak ni bung protech . saya mau masang lnb cumbo m0dif KU band dn c band , apa lobng yg di lobnggin c band harus benr2 pas , apa plat c band harus menyatu dgn plat KU band di wktu kita masukkn , se andai lobang kebesaran dn tdk menyatu ke dua plat lnb , apa ada penggaruh snyal KU banda nanti-a , mohon pencerahan dari bung protech , saya dri aceh ,, makasih !!!

  20. sekarangkan sudah ada dual LNB C/KU Band, tidak perlu modifikasi
    saya pakai 4LNB, bisa ‘nggak salah satu atau dua diantaranya pakai
    di ganti C/KU Band satelit yang mana, mohon informasinya, thank

  21. bank q mau tanya, q pakai parabola 10 feet, 4 lnb c band, raceveir venus juke, kalau lnb c band di copot ganti dgn lnb kombo bisa g? Gmn cara setingnya, yg keluar palah yg ku band g ada, mohon petunjuk, 085323544837

  22. mat siang protech
    sy dilampung..sy coba modif lnb cband dan kuban universal dah 2 hari blum bisa lock palapa,sy ikuti saran protech dngan posisi besi yg malang didalam lnb sjajar tp posisi konek tidak mengarah utara sebaliknya klo posisi konek menghadap utara maka posisi besi yg didalam lnb tdak sjajar.,?lnb cband matrik kuban mmp. freq 9750/10600.
    mohon pncerahannya master.,trim’s

  23. Ping-balik: Menggabung LNB C Band Ku Band jadi satu - Antena ku | Antena ku

Silahkan Komentar yang baik dan sopan, Komentar tidak sopan akan kami hapus

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s